Minggu, 04 Januari 2015

Aktualisasi Diri: Jawaban atas pertanyaan tentang 'siapa aku'...

Hi there!
ariaです。

Hari ini, seperti halnya hari-hari random-ku yang biasa, aku mulai mencari-cari tips melakukan sesuatu. Aku seorang fans WikiHow loh...
Yang kucari:
How to achieve self-actualization
Bagaimana mencapai aktualisasi diri? 
Sebentar...
Aktualisasi Diri itu apa sih? ( •᷄ὤ•᷅)?



Sebenarnya aku sendiri juga belum baca tuh, buku-buku atau tulisan-tulisan tentang pemikiran-pemikiran dari Mr. Maslow ini; hanya pernah dengar beberapa kali dari orang-orang lain yang lebih tertarik dengan teori beliau *dihajar*. Aku sempat ingin menganalisa sesuatu (buat skripsi-ku) pakai teori Hierarchy of Needs-nya Maslow sih... tapi karena ternyata udah keduluan peneliti lain, jadi ya... batal deh ._. (termasuk baca teori itu pun ikutan batal *laughs*) <<< JANGAN DITIRU, okay? Aku tau aku pelajar yang buruk (∗∕ ∕•̥̥̥̥∕ω∕•̥̥̥̥∕)

Singkatnya, aktualisasi diri itu suatu tingkatan dalam 'hirarki kebutuhan manusia' dimana si manusia tau betul apa potensi yang dimilikinya. Nah, gimana sih cara mencapai itu?

Jika seseorang tahu benar tentang siapa dirinya dan apa yang bisa dilakukannya, ia tak akan gagal [citation needed]
*meh* Dimana ya aku pernah dengar kalimat seperti itu? (ʃ⌣́,⌣́ƪ)
Bagaimanapun, katanya kalau ingin sampai pada titik aktualisasi diri ini, pertama-tama kita harus tau dulu siapa diri kita sebenarnya. Vampire kah? Zombie kah? Samurai kah? Dreamer kah? Shinigami kah?
Di rumah ada kaca? Coba, ngaca dulu sana! #eh
Maksudnya, orang bilang untuk menanyakan pertanyaan di atas mungkin kita perlu bercermin dulu.
Katakan: Mirror mirror on the wall... 
(c) pic. taken from giphy.com

Tapi ini sulit ya, karena setiap kali mencoba berkonsentrasi pada sesuatu di dalam diri kita, yang semakin terlihat justru jerawat dan komedo, dan kantung mata serta lingkaran hitam di sekitar mata.. (PS: aku sedang membicarakan diriku sendiri *coughs*)
Alright, berhenti bercanda!!

Sering kali ketika kita bercermin, mungkin yang terpikir adalah...

Hah?! Siapa kamu?!
Mirror of Truth; gambar diambil dari animevice.com

Sebagai manusia, kebanyakan lebih konsen ke apa kata orang lain daripada apa yang kita rasakan terhadap kita sendiri. Kan?
Aku pernah menulis tentang ini di diary-ku, tertanggal 11 Juni 2011, pukul 08:45.
Yang terpenting itu bukan apa orang lain akan merasa nyaman denganmu, tapi apa kau akan merasa nyaman dengan dirimu sendiri.

You are special whatever you are


Daripada sibuk berusaha menjadi 'bukan dirimu' hanya demi menyenangkan orang lain, yang bahkan tidak seharusnya benar-benar memiliki kekuatan untuk mendiktemu, mending jadi diri sendiri. Kadang aku malah berpikir... memangnya mereka beneran peduli? *meh* Ngapain ngurusin orang kalau sendirinya punya banyak sekali urusan yang lebih perlu diperhatikan, kan?
Ngomong-ngomong, karena yang sedang dibicarakan adalah SELF-actualization, jadi ya, segala-nya ada dalam dirimu dan hanya dirimu saja.
Tentu saja, menjadi diri sendiri tanpa memikirkan apa yang mungkin dipikirkan orang lain mengenai diri kita itu bukan perkara mudah. Kita hidup bermasyarakat. Jadi jika kau bertingkah seenaknya dan orang lain jadi tak suka berhubungan denganmu karenanya... doushiyou? (ᗒᗣᗕ)՞
Kuncinya satu. Pikirkan tentang ini: kau adalah manusia yang beradab.
Aku punya satu motto, atau sekedar pemikiran(?), untuk ini.
Aneh nggak papa asal enggak nge-rugiin orang lain
*coughs*
Lagian...
Yang juga penting selain 'tahu diri' adalah 'tahu tempat'. Selama kau bisa 'berpikir', maka, tak akan ada masalah *laughs*. Ini karena, salah satu ciri orang sudah meraih aktualisasi diri adalah ". . . to put others’ needs before their own." [1]. Manusia seperti itu adalah mereka yang tahu siapa dirinya dan menerima semua yang ada pada dirinya, tapi senantiasa memosisikan kepentingan orang lain sebelum kepentingannya sendiri. Ingat! Jadilah diri sendiri, tapi jangan egois!

Untuk meraih aktualisasi diri, orang perlu untuk menerima dirinya, se-unik apapun itu. Satu contoh. Lihat saja Kyo. Dia bisa jadi jauh lebih aneh dari keanehan apapun yang selama ini bisa terpikirkan olehmu, *digorok* tapi dia keren! Banyak yang suka pula! (termasuk aku).
ほら、見ろ!Dia ini juga artis loh padahal... Antik banget sumpah!!! *dicium* #eh
aku lupa ini dapet dari mana; ro69 kayaknya. (c) owners aja

DIR EN GREY and fans. (c) owners
Aku mau curcol sebentar ya...
Foto kedua itulah yang jadi alasan ketakutanku ketemu dia. Jangan-jangan pas minta foto bareng dia-nya malah hadap belakang, atau meleng melihat ke arah lain, atau menutupi wajahnya pakai wajahku *coughs*
Dan kalau yang kudapat justru sebuah penolakan darinya, AKU BISA MATI!!!! << (lebay dikit boleh donk~)

Loh, kok malah ngomongin Kyo sih? ~(。☉︵ ಠ@)>
Jadi gini...
Aku belum yakin apa Kyo sudah mencapai aktualisasi diri, karena bagaimanapun hal ini adalah suatu proses yang tak memiliki akhir, tapi setidaknya semua orang yang 'mengenal'nya tahu dia telah menerima keseluruhan dirinya. Sepertinya, asumsi bahwa Aquarius type-B itu orang-orang yang cuek dan tak pedulian itu benar. (▰︶︹︺▰) *nods nods*
Anyway, Kyo adalah satu dari orang-orang yang aneh keren luar biasa yang ku'kenal', and I think they're (at least) one step ahead from achieving their self-actualization.
Aku juga aneh loh~ *bangga*.

R. Kay Green menuliskan hal serupa: bahwa ini adalah hidupmu, kau memiliki kontrol penuh terhadapnya dan terhadap dirimu, jangan membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, kau harus menerima dirimu secara utuh baik kelebihan maupun kekuranganmu, serta bahwa kau harus terus 'tumbuh'...
Benar.
Aktualisasi bukan akhir. Malah, ketika kau telah berhasil mencapainya, kau sadar bahwa tidak ada yang namanya kepuasan. Kita butuh terus tumbuh, terus berkembang, dalam segala hal.
Jika seseorang telah benar-benar puas akan kehidupannya, bagaimana ia menjalani hidup setelah itu?

Jangan berhenti berjalan. 
Jangan berhenti belajar. 
Jangan pernah mencoba untuk berhenti sama sekali.

Oh ya,
Ciri-ciri lain dari manusia yang sudah 'aktual', yang juga kuambil dari operationmeditation.com, antara lain:

  • Memiliki selera humor yang unik dan berkembang dengan baik
  • Punya kebutuhan yang jelas/nyata ihwal kesendirian
  • Spontanitas
  • Tingkat penerimaan diri sendiri dan orang lain tinggi
  • Mampu melihat kehidupan dengan lebih jelas
Kamu udah punya semua karakteristik diatas? Ah, mungkin itu cuma perasaanmu saja~ *dihajar*

Kesimpulan:
━Σ(゚Д゚|||)━Pada akhirnya aku hanya mengungkapkan satu hal saja? ∴(O艸O★)
Maaiiya-
Intinya, PEDE aja. Siapapun kamu dan apapun yang kau lakukan. PEDE aja!
以上です。
ariaでした。

Tidak ada komentar:

Posting Komentar