Jumat, 09 Januari 2015

Permen Karet di Rambut? URGH!

The Scrappy Crabby をごらんのみんなさん、おはようー
ariaです。

Akhirnya nulis di sini lagi juga ya.
Bukannya lagi senggang loh~ 
Sumpah! AKU NGGAK LAGI SENGGANG KOK! ・゜・(ノД`) *cry*

Seperti biasa, aku punya penyakit yang udah akut banget dan udah susah disembuhkan. Penyakit ISENG stadium akhir.

Oh, kali ini aku pengen nulis tentang ini nih:

Pernah nggak kamu ngalamin ada permen karet nyangkut di rambutmu?
Gimana ngatasinnya? Langsung ambil gunting terus potong rambut dadakan?
Aduh!!!!!
Ceritanya aku mau bagi-bagi tips. 
Ini tulisan kelar dengan penuh perjuangan loh... Aku mulai nulis dari sore sampe tengah malam nggak rampung-rampung juga akibat adanya beberapa gangguan: digigitin nyamuk, anak-anak sok jago itu (baca: kucing-kucing di rumah) berantem mulu, tangan dan pikiran yang mulai lelah, seperti biasa si om (baca: Kyo) memesona banget *coughs*  dan lain-lain.


Jadi,
Tadi sore aku kebetulan sempet nonton sedikit K-drama "Emergency Couple" yang baru diputar di R*T*..
Ternyata yang maen beneran Jihyo-eonnie! (」゜ロ゜)」*kudet*
Disitu aku liat dia kena insiden permen karet; nggak sengaja nempel di rambut dia pas cowoknya*  (bukan cowoknya sih ya, kayaknya. Tokoh utama deh itu kalo aku liat. *le me belom nonton, maklum ya*) baru berusaha bangunin eonnie yang lagi 'teler' di taksi. Pas inget adegan itu, entah kenapa sekarang aku jadi inget Haruhi Fujioka (Ouran High School Host Club). Kan dia juga pernah tuh, kena permen karet di rambut dan langsung potong rambut sembarangan.
Nah, aku juga jadi inget... rasanya pernah ada kejadian serupa padaku juga ya... nggak sih?
Aduuuh, lupa! o(-`д´- 。)
Yang jelas, kejadian ini pasti sering terjadi lah. Terutama jaman-jaman SD-SMP dimana kehidupan anak-anak itu memang selalu lebih heboh. Dan anak-anak juga pastinya lebih demen makan permen karet. (Ya kalo orang udah tua dewasa masih makan permen karet tuh kesannya nggak mature banget juga kan. Kecuali permen karet rasa mint yang bisa sambil mutihin gigi + mengharumkan nafas juga itu loh, itu nggak papa kali.)
Karena itu, barusan aku coba googling,
How to remove gum from hair
Nah, aku udah pernah bilang ya kan, kalo aku itu fans beratnya WikiHow. Dari sana aku dapet banyak tips perihal How to Get Gum Out of Your Hair, sebagai berikut:

1.  Selai Kacang
peanut butter. (c) google image

Ini yang paling populer kayaknya. Soalnya di artikel lain juga bahasnya yang pakai ini. Selai kacang kan banyak dijumpai. Kamu bisa beli di toko-toko. Ada macam-macam merek tuh, bisa pilih yang mana saja. Sebenarnya dalam kasus ini merek nggak penting; yang penting adalah kandungan minyaknya. Semakin berminyak semakin oke.
Caranya pasti udah ketebak deh: tinggal dioles-oles aja ke permen karet yang nyangkut ke rambut, bisa pakai tangan ato pakai sikat gigi (kalau nggak pengen belepotan). Abis itu, siapin handuk kering, terus tinggal tarik aja tuh selai kacang beserta permen-permennya sekali. Gampang lepas kok kalo udah kena minyak selai kacangnya~ 
Oh ya. Karena rambut jadi berminyak bingits setelah aplikasi selai kacang dan emang kena selai juga  jadinya kotor sih, jadi sangat disarankan untuk keramas abis itu. Pakai shampoo ya, "karena kalau cuma pakai air itu membasahi, bukan membersihkan" *coughs*.
Pas keramas, pastikan busanya berlimpah ya biar minyaknya bener-bener ilang. Tapi tetep, pakai shampoo aja nggak usah pakai R*ns* :P

2.  Hair Silicone
hair silicone. (c) google image
Ini di Indonesia ada kah yang jual? Nggak pernah liat. Mungkin jarang ya. Aku yang jarang keluar  melihat dunia maksudnya.
Kalo pakai ini musti ditungguin dulu. Sebentar kok, cuman 30 sampai 60... detik *coughs*
Setelah mission complete alias udah bisa keambil itu permen, jangan lupa keramas. 

3.  Minyak Nabati
Yang ini nunggunya agak sedikit lebih lama, sekitar 2-3 menit. Minyak yang dipakai boleh minyak sayur, minyak zaitun, atau minyak canola. Tapi kayaknya mau pakai minyak apa aja bisa kali ya.
あんまり分かんないけど。(ー_ーゞ
Karena ini juga minyak, keramas-nya jangan lupa ya.
olive oil. (c) google image

4.  Es
(c) google image

Sebelum 'ngolesin' si es ke permen dan rambut disekitarnya, rendam dulu rambutnya di air garam, untuk menurunkan suhu katanya. Tapi ini lama, ngolesin es-nya sekitaran 15 menit! Dan katanya itu juga jadi sangat 'keras'(?) abis di-es-in! Not recommended ini deh ya. (/ヘ ̄、)

5.  Vaseline
Pakai Body Lotion juga? ((((;゜Д゜)))
(c) google image

えっと、dari gambar nya sih kayaknya lain ya sama yang biasa dijual di toko-toko terdekat di Indonesia. Ini ngga tau nih, bisa dicoba kalau Vaseline body lotion yang ada di rumah ato enggak. Perlukah aku sengaja nempelin permen karet ke rambutku, buat eksperimen?
Ah, nggak usah lah ya- *laughs*

6.  Penghilang Perekat(?) O_O
(c) google image

Ini tulisannya 'adhesive remover' gitu sih. Aku nggak yakin produk apaan ini, jadi sempet nerjemahinnya pakai google translate *coughs*
Penghilang lem, kali ya? Yah, pokoknya ini lah. Kalo punya dan kebetulan rambutmu kena permen, coba aja pakai, barangkali sukses ._.)
Yang ini tinggal di olesin juga, terus ngambilnya pakai kertas tisu, yang kertas loh ya. 

7.  Sari Lemon
Air perasan lemon diaplikasikan ke rambut, bisa pakai sprayer ato diguyur langsung juga boleh. Tambahkan conditioner juga kalau rambutmu tipe rambut yang kering. Udah gitu doank, katanya bisa lepas tuh permennya.
(c) google image

8.  Baking Soda
(c) google image

Lembekin baking soda nya pakai air secukupnya, terus lumurin ke rambut + permen. Tunggu sampai si pasta baking soda jadi agak kering baru sisir rambut kamu. Jangan lupa, abis itu keramas, buat ngilangin baking soda yang masih ketinggalan di rambut.

9.  Lain-lain ._.)
Mousse, odol, WD-40 (aku nggak tau ini apaan), minyak eucalyptus, alkohol, lotion + mouth wash, mayonnaise, dan krim dingin juga bisa di pakai buat ngilangin lengketnya si permen di rambut kita loh.

Sebenernya, apapun produk yang di pakai, intinya sama: oleskan ke permen dan rambut yang terkena permen, tunggu, lepasin si permen dari rambut, keramas.
Oleskan betul-betul.
Keramas betul-betul.
Kalau udah betul betul betul, jadi Ipin deh *eh* 
pokoknya pasti B.E.R.E.S!
Problem's solved!!
Gampang banget penyelesaiannya!!! (´・艸・`)

まあ、そういうことで。
以上です。
ariaでした。

Tidak ada komentar:

Posting Komentar