Minggu, 25 Januari 2015

KERAAAMMMM???!!!

The Scrappy Crabby をごらんのみんな、おはようー
ariaです。

Oke. Mustinya aku tulis ini kemarin sih. Tapi, sekalinya buka Facebook aku jadi kalaaap~ *embarrassed*
Jadi gini...
kemarin pagi...

Suddenly I got CRAMPED!!!˚‧º·(˚ ˃̣̣̥᷄⌓˂̣̣̥᷅ )‧º·˚
SBSPcramped dance (c) owners.


Itu pas sebelum masuk waktu subuh kayaknya. Buat berdiri aja nggak bisa loh. Oh my GOD?! kayak kakek! *down*
Sementara rasa sakitnya sangat kuatm waktu terus berjalan... itu pagi paling luar biasa setelah 24 hari berlalu di tahun 2015 ini.
Okay~
Jadi, seperti biasa, aku malah pengen cari tau tentang itu #haha!
Kemarin aku udah coba mampir (ke WikiHow lagi *shy* tapi baru sempet di baca sekarang *blushed*), dan menemukan artikel tentang bagaimana mengatasi keram otot/kaki. 

Charley horse

Itu nama kece dari keram kaki. I wonder why it is called that way ._.)
Buat yang usianya udah diatas 20 *coughs* kayaknya masalah otot dan tulang tuh emang udah mulai sering terjadi ya. Apalagi emang kitanya jarang gerak... jarang olahraga... pola hidup berantakaan... <<< ngomongin diri sendiri *coughs*
Aku jadi inget, bahkan orang secantik Hosho Reiko (Naozotoki wa Dinner no Ato de) aja bisa kena bad back kalau usianya emang udah nijuu-nantoka *nangis*

Itu ngomongin sakit punggung sih ya.. kalau yang kualami ini keram otot kaki.. Sama aja lah tapi, yang jelas pola hidupku memang kurang bagus :'v

Kata artikel-artikel yang aku baca tadi, keram kaki bisa terjadi karena kita dehidrasi alias kurang cairan. 
Hmm.. そうかなー memangnya aku kurang banyak minum? Ah benar! Aku terlalu banyak minum kopi! (-‸ლ)
Nggak yakin sih, apakah banyak minum kopi equals banyak minum in general~ Tapi kayaknya emang kudu banyakin minum air putih juga deh.
Selain kudu banyak minum, kudu ubah pola makan juga. Katanya, kekurangan potassium dan magnesium juga bisa bikin kita lebih sering keram otot. Dikutip dari healthaliciousness.com, bahan makanan yang banyak mengandung magnesium antara lain:
  1. sayuran hijau (bayam dkk), 
  2. kacang-kacangan (biji labu, misalnya), 
  3. ikan tengiri/kembung, 
  4. kacang kedelai, 
  5. nasi coklat/merah, 
  6. alpukat, 
  7. plain yogurt tanpa lemak, 
  8. pisang, 
  9. buah ara (not sure what it is *laughs*) atau pokoknya buah-buahan kering macam kurma ato kismis, dan...
  10. dark chocolate (yummy!).

Masih dari situs yang sama, Health Alicious Ness, aku juga dapet daftar makanan yang kaya akan potassium nih. Banana kayaknya mengandung potassium juga, ya kan? Kataa supervisornya Sandy Cheek sih ini *laughs* spongebobfreakdetected *blushed*
  1. kacang putih (kacang merah adzuki malah prosentase potassium-nya lebih tinggi loh!)
  2. sayuran berwarna hijau gelap (kayak bayam)
  3. kentang rebus/bakar dengan kulitnya sekali (not recommended buat yang punya riwayat diabetes sih, tapi katanya kentang bisa buat menu diet pengganti nasi yang cukup oke juga loh)
  4. aprikot kering
  5. acorn squash oven (labu-labuan~)
  6. plain yogurt tanpa lemak
  7. ikan salmon
  8. alpukat
  9. jamur putih
  10. pisang (ほら!やっぱあるじゃん!*laughs*)

Nah itu tadi, buat pencegahan aja sih ya kalau konsumsi makanan diatas. Kalau udah terlanjur keram gimana donk~???
WikiHow kayaknya punya jawaban atas semua pertanyaan seputar know-how ya *laughs*. Dari sono dapet banyak banget yang bisa kita lakuin kalo kebetulan keramnya udah terlanjur kejadian (kayak aku kemarin, cuman aku kemarin belom tau bisa diapain aja, jadi ya... hiks)
  1. Begitu keram otot kaki, segera lenturkan jari-jari kaki ke atas. Biasanya lebih sering yang keram dan terasa aneh itu emang jari kaki kan ya. Yang mendadak kaku dan melipat ke bawah gitu. Pernah ngalamin? (Aku seih sering *cries*). Kalau itu terjadi, pokoknya langsung lenturin ke atas aja. Abis itu, usahakan buat bangun dari kasur terus jalan-jalan, kalau bisa. Kalau nggak bisa ya jangan dipaksa ._.)
  2. Kompres pakai es. Begitu kram, langsung didinginin pakai es atau apapun yang dingin. Kalau es terlalu dingin, ambil aja bungkusan nugget atau apapun dari kulkas atau freezer kamu. Itu juga bisa dipake. Nah, kalau udah, nanti-nanti bisa juga dikompres pakai air hangat, atau berendam di air hangat juga bisa, sekalian relaksasi biar santai~
  3. Lakukan peregangan otot alias stretching. Ini harus dilakukan dengan sangaaaaat hati-hati. Pelan-pelan aja. Pasalnya, buat beberapa kasus, peregangan otot saat keram bukannya nyembuhin, malah bikin tambah parah aja. Kalau sakitnya parah, atau kalau emang tubuhmu termasuk yang nggak bisa dipaksa stretching pas keram, ya jangan dipaksa okay? Jika keram kaki yang terjadi cuman sebelah, dan sebelah lagi normal sehat-sehat aja, bisa dilakukan olahraga berikut: berdiri, letakkan kaki yang keram sedikit dibelakang kaki yang sehat, lalu tekutu lutut kaki yang sehat itu. Atau, bisa juga dengan bikin bentuk segitiga sama dinding kamarmu. Maksudku, letakkan kaki beberapa jauh dari dinding, sedangkan badanmu sendiri dicondongkan nempel ke dinding itu. Nanti betismu akan meregang dengan sendirinya. Lebih jauh jarak kaki dengan dinding, maka akan lebih dalam peregangan yang terjadi. Kalau sakit banget, dekatkan saja kaki lebih dekat ke dinding.
  4. Kalau yang keram itu otot betis kayak aku kemarin, jaga supaya kaki tetap lurus. Jinjitin jari kaki terus pelan-pelan bawa mendekat ke tubuh. 
  5. Oleskan balsem penghilang rasa sakit (jenis analgesik) pada bagian yang keram. Kalau belum punya, beli lah buat jaga-jaga kalo lain kali keram lagi *coughs* <<<< ngomong sama diri sendiri. Banyak kan ya, balsem yang bisa buat ngatasin keram otot atau sekedar pegal-pegal gitu. Nggak tau sih, itu efektif atau enggak.
  6. Beremdam di air hangat + Epsom salt (Magnesium sulfat). Nggak tau belinya dimana kalo di Indo. Belom cari-cari info tambahan juga (ごめん、malas *merong*). Kalo kata Bunda-ku, garam emang bisa bantu membuat relaks sih. Mungkin garam biasa juga bisa dipakai kali. Atau, garam yang emang buat berendam itu loh, Ada kan yak ._.) Ya kalau punya bath tub atau ofuro sih bisa ya berendam buat ngatasin sisa-sisa keramnya. Kemarin aku juga mandi air hangat, to be honest, tidak terlalu membantu karena betisku masih kerasa aneh sampai detik ini *cries*.
  7. Minum minuman elektrolit. Tapi hati-hati! Kandungan gula bisa memperparah keram! Minum juga jus acar (eewww~ tapi bener kok, nggak cuman WikiHow aja yang nyaranin ini, beberapa artikel lain juga menyebutkan kalo pickle juice alias jus acar bisa membantu menghilangkan rasa sakitnya, setelah kurang lebih 2 menit lah). Cuka sari apel juga bisa dijadiin jamu buat obat keram.
  8. Massage~❤︎ Ini kudu pro loh teknik pijatnya. Nggak boleh sembarangan. (Kalau aku sih, lebih suka dipijit dari pada mijit diri sendiri *laughs*). Paling aman sih minta bantuan ahlinya. Tukang urut itu jago loh~ Buat yang pengen coba pijat sendiri, coba ini: Pegang otot di kedua sisi (atas dan bawah, bukan pada sisi-sisinya) dari bagian yang keram. Dorong kedua tangan bersama-sama, pijat perlahan sampai otot rileks.
Selain hal-hal diatas, perlu dibiasain juga untuk tidak terlalu maksain olahraga (buat yang demen, aku sih enggak haha), dan jangan lupa buat selalu stretching dulu sebelum dan sesudah mulai.. Lakukan pemanasan dan pendinginan betul-betul! Ntar keram tauk loh~
Terus, kalau kamu kebiasaan tidur pakai kaus kaki, jangan biasakan pakai kaus kaki yang tebal dan ketat, karena peredaran darah yang kurang lancar juga bisa bikin kaki jadi keram.
Kalau kamu keram karena dehidrasi, atasi dulu dehidrasi-mu itu, baru keramnya.
Olahraga teratur. Paling tidak, usahakan buat jogging, bersepeda santai atau jalan-jalan lah barang sebentar. Sebelum tidur juga, kalau bisa lakukan peregangan otot sekenanya. 

Udah, itu aja kayaknya ya. Semoga kita selalu sehat *cries* ( ‘́⌣’̀)/(˘̩̩ε˘̩ƪ)
またまた、
ほなほな、
Bye bye!
ariaでした。

Tidak ada komentar:

Posting Komentar