Sabtu, 03 Oktober 2015

【Traveling Zone: Taman Sari > SKE > Malioboro】 Get Refreshed… Get More Tired!


Hi there day-trippers!
How’s life? 
Sibuk? Melelahkan? Membosankan? Kurang piknik?
Ya sama. *laughs*

Hmmm…

Jadi, setelah sekian lama nge-grml grml-in hidupku kurang pikniiiiik~ atau aaahhh bosaaaan~ atau ayoooo ke SKE~~~~~, akhirnya kemarin ([edited] kemarin? kemarin dulu kali... "._.)) aku sukses juga kesana.

Terus…
SKE itu apa sih?




Buat yang belom tau... SKE (singkatan dari Sindu Kusuma Edupark) adalah taman "di Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman siap menghadirkan wahana wisata budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta, terutama kabupaten ini dan sekitarnya." (katanya situs resmi SKE)

Nggak jauh sebenernya dari Solo.


Berangkat


Kita (aku sama Polaris) berangkat sekitar jam setengah 11 (setelah balik lagi ke rumah gegara memori card buat DSLR-nya si bintang ketinggalan di ranselnya yang nggak jadi dibawa #halah -3-). 
Ya karena dari kemaren-kemaren emang kecapekan dan kurang tidur, rasanya dijalan tu ngantuuukkknyaaa ya ampun!

Nyampe Prambanan sekitaran jam 12; dhuhur dulu d masjid depan Prambanan (aku lupa apaan namanya, tapi ini masjid buaguussss buangeeeet). 





Lanjut perjalanan, ngga ngeh jam berapa, kita ke Taman Sari dulu.
Lhoo…
Kenapa malah ke Taman Sari?
Simple. Karena aku sebenernya pengen ke SKE-nya pas malem-malem aja. Kita kesiangan berangkatnya (bukan kepagian, kan udah siang *laughs*).
Sengaja. Biar bisa kemana dulu gitu.
Ya- kita ke Taman Sari.
Akhirnyaaaa~
Udah lama pengen kesana, baru kesampean kemaren. *happy tears*


Taman Sari


Bakso Urat depan Taman Sari
Nyampe sana jam 1-an, udah waktunya makan siang. Sebelum masuk objek wisata, kita nyari makan dulu di sekitaran sana. Yang ngebangun warung cuman yang dagang  gudeg, sama bakso.
Padahal Jogja terkenal akan gudeg-nya, tapi aku nggak suka gudeg!
Yaudah bakso.
Baksonyaaaaaaaaaa…. Enak.
Es campurnya……. I don’t know… Enak(?)
Oh sudahlah. Ngapain mbahas makanan kalo skala penilaianku cuman antara enak banget, enak aja, nggak enak aja, sama nggak enak banget. *choked*



Abis makan , sambil ngeluh tentang make-up luntur sama sambil nguping pembicaraan orang *coughs* (kali ini nguping si bapak yang lagi ngomongin modus penipuan. Aku bilangin yaa… ini informasi PENTING!  Nguping itu (terkadang) PENTING! Bapaknya cerita tentang gimana dia di stop sama yang ngakunya polisi lagi razia miras. Si bapak di dorong di pepetin ke tembok, terus setelah ‘digeledah’, si bapak di bentak-bentak “ini apa ini!! INI APA!!!” Katanya si bapak, itu vodka yang udah diumpetin sama si penipu terus di’jejelin’ ke tas si bapak. Sumpah ya. Nggak jelas banget nipunya.) 

All right!
Jadi, abis itu, kita cus ke loket.
Di depan si Polaris yang ngantri tiket ada bule (mksdku, turis asing); cewek.
Dia bilang ke penjaga loket: “suta… suta… ah! satu.,”
Kita semua yang ada di sekitar sana bingung, terus sedetik kemudian kita ketawa bareng… bareng si embak juga kok *merong*
Pas ngelewatin aku, si embak bilang, “Wrong one. You gotta practice, right?”
Wow! Bener mbak! Aku jadi pengen tamasya ke luar negeri jugak! #eh

Loket Taman Sari... Itu si embak yang aku ceritain hehe...


Tiket masuk Taman Sari: Rp5.000,-/gundulnya orang Indonesia. Gatau kalo bule harganya lebih mahal ato sama,
Di dalem Taman Sari keren banget. Rasanya jadi pengen diam disitu, berjalan pelan berkeliling sambil membayangkan bagaimana rupanya dan apa yang terjadi di sini ratusan tahun silam. Rasanya jadi pengen… nyemplung ke kolamnya. (gerah meeeen~)

Well…
Keren banget.

Pas pertama masuk, ada rombongan turis domestik yang baru konsentrasi penuh dengerin bapak guide, yang lagi jelasin tentang suatu ruangan dengan jalan masuk yang rendah. Mereka beneran konsentrasi penuh. Keliatan dari raut muka mereka yang serius banget. Terus aku sempet nguping jugak #eh bapaknya bilang “Ini jalan masuk dibuat rendah begini bukan karena orang jaman dulu pendek-pendek, tapi sengaja karena *&^%#$#@ <<< nggak kedengeran karena akunya nguping sambil jalan masuk -3-)

Ini jalan masuk yang aku ceritain itu, yang pintunya pendek... Disini bau dupa! >w<);



Ada kayak lorong-lorong juga. Yang selama ini kupikir ada di Lawang Sewu, ternyata merupakan bagian dari Taman Sari. Hehe #malu

[edited] Rame banget disana, aku sih tetep ambil foto, tapi males ah share yang itu... Banyak orang! (︶︹︺)


Okay, jam setengah 4.
Ashar dulu di masjid di depan Taman Sari, terus cus mengejar matahari ke SKE.
Kita sama-sama belum pernah kesana, dan nggak begitu tau jalan ke Sleman kalo dari Taman Sari, jadi kita pake aplikasi GPS di gadgetnya Polaris.
Dan ya ampun! Si GPS lemot gilak! Peta jalannya nggak jelas, aku bingung gimana ngebacanya. Jadi sambil nge-restart si GPS, aku sambil liatin petunjuk arah di sepanjang jalan.
Yaaa…. Membantu lah… dikit. (“   ._.)
Pas kita masih bingung-bingungnya ‘abis ini kemana lagi nih’, Polaris liat papan nama SKE mayan gedhe di sudut jalan.

Kita nyampeee!!! 。・゚゚・(>д<)・゚゚・。


Sindu Kusuma Edupark


Tiket: 15.000/gundul (lansia bisa masuk gratis kalo nunjukin KTP) itu udah dapet softdrink Siiplah rasa jambu kepunyaan Kusuma jugak. Polaris bilang itu minuman manis banget, tapi buat aku sih enak.
Sistem-nya main di wahana-wahana di dalem pake card yang ada ‘pulsa’nya. Minimal beli 50k, bisa di top-up di dalem. Satu kartu bisa buat berbanyak.
Kita beli yang paling murah aja dulu, haha!

Di dalem…
Udah hampir sunset.
Kita sih kesana pas jam segitu emang biar kena sunset jugak, tapi…

Me         : pengen eskrim deh.
Polaris  : yaudah, beli.

*dan kita pun beli… burger…
#LOL, しかたがないよー udah laper lagi ma.

Cheese Burger @14k, Beef Burger @12k. Jadinya… 28k(?)
Lhooo? O_O
Tauk ah, yang beli bukan aku.
Pas makan sebenernya kita masih galau antara naik Ferris Wheel nya pas itu (ngejar sunset) ato ntar agak maleman, ato naek dua kali. Naik Ferris Wheel biayanya 20k /gundul.
Sunsetnya dari bawah keliatan biasa banget (menurutku). Tapi akhirnya kita putuskan buat naik saat itu juga.
Sampe agak atas…

Polaris  : Yaaaah! Telaaat! Mataharinya terlanjur tenggelem~
Me         : Yaudah besok naek lagi.
Polaris  : Besok… kayak deket aja.

Oke. Jadi Sleman emang jauh banget dari Karanganyar.
._.)

Kesan pertama naik Ferris Wheel-nya SKE:
Yeah at least dia nggak mubeng seser kayak bianglala-nya yang di Sekaten itu *laughs*, tapi nyampe atas takut juga sih. Campur aduk jadinya perasaan ini; antara takut ketinggian sama terpesona dengan keindahan bumi di bawah sana.
やっぱり、
Beautiful!








Setelah berhasil menemukan tempat top-up kartu (ada di deket game center yang kita dapet kupon diskon 5% (kayaknya) main disana pas beli tiket masuk, tapi kita nggak nyobain), maghrib dulu di mushola-nya SKE. Banyak banget pengunjung yang antri sholat! (Alhamdulillah!!!) Mushola-nya jadi keliatan sempit banget! (padahal emang)
Kita ketemu sih, sama Cinema 7D yang dibilang Titis*…
Tapi aku agak kurang berminat nyobain. Mungkin karena mahal**? Lol, pokoknya nggak tertarik aja lah xP

Next, naek Ferris Wheel jilid #2!
Wooooow!
Tadinya kirain di sana nggak banyak pemukiman, jadi udah siap-siap kecewa aja sih kalo bakalan ngeliat kegelapan malam tanpa bintang. Tapi ternyata lampu-lampunya emang bener indaaah banget!



























Ini Ferris Wheel… gedhe; tapi kenapa muternya cepet banget! Kurang puas kaan~ (╥︣﹏᷅╥᷅)


Abis itu foto-foto lagi, sholat isya’, terus jalan keluar. Di tempat oleh-oleh, foto-foto lagi (foto doank nggak pake beli *cries*), terus keluar. Abis balikin kartu (ini kartu kalo ‘pulsa’-nya masih sisa, bisa diuangkan pas ngembaliin di hari yang sama), foto-foto lagi di luar, terus beneran cabut.

Oleh-olehnya?
Waduh…
Bener nih mau balik ke Malioboro dulu?


Malioboro


Nyampe sana udah sekitaran jam 8 malem. Estimasi waktu perjalanan sih sekitar 2jam, jadi bisa nyampe rumah sekitar jam 10. Tapi…
Sampe sana bingung, meskipun tetep kebeli juga oleh-oleh: bakpia pathok @10k. Polaris sambil beli dodol sama ng… sama… dodol jugak… kayaknya… @10k juga.
Udah waktunya makan malam sih, jadi kita makan dulu di Malioboro.
Polaris bilang mau makan nasi liwet aja yang cepet penyajiannya.
Yaudah deh, kita ke salah satu lapak di sana.
Makan pecel.
._.)

Jam 9 kurang. Pas lagi makan sambil dengerin musisi jalanan di belakang, tetiba Champ nyanyiin Akatsuki.
Ayah nelpon.
Hmmm…
どうしよう?

*angkat*
Ayah    : Udah nyampe mana?
Me         : Malioboro.
Ayah    : Hah???? Jam segini masih di Malioboro???? Ngapain? Mau nyampe rumah jam berapa? Nanti kemaleman! Cepet pulang sekarang! Biar bisa istirahat!
Me         : Yaaa~
*tutup telpon* *lanjut makan*

Oh, by the way, kayaknya yang abis 28k itu pas disini. Pecel 2 porsi (gatau porsinya yang gedhe apa kitanya yang masih kenyang, tapi enggak abis itu pecel se-porsi. Pedes pula pecelnya. Untung aku suka pedes, makanya buat aku pecelnya enak, semua enak, selain kembang turi-nya yang pait itu), es teh satu, teh anget satu, bakwan satu, terus sama pengamen yang mampir sana… lumayan banyak yang mampir…
Ada sekitar…
Tiga.
._.)


Perjalanan Pulang


Sekitar jam 9 lebih-nya gatau berapa menit, kita cus pulang.
Dari Malioboro ke Solo-nya gimana ya?
Gatau jalan.
Pake GPS yang sama.
Error lagi.
Liat papan penunjuk jalan lagi.
Sampe suatu ketika, kita tiba di jalan buntu.
Well…
Bukan buntu sih…
Arah di GPS udah bener. Ada penunjuk jalan, arah ke Solo udah bener lurus ke jalan itu. Tapi itu jalan lagi “ditutup karena ada proyek perbaikan drainage.” #jelegyaaaar *thunder strikes*

Kita coba pake belokan lain. Dari perempatan yang kudunya kita jalan lurus itu, kita belok ke kanan. Lurus terus sampe si GPS (yang abis di restart) bilang kalo kita menuju arah Bantul.
Okay fix.
Balik arah.
Balik ke tempat tadi.
Kali ini kita coba lurus, yang artinya belok kiri kalo kita dari jalan yang sebelumnya. Untungnya pas itu ada bapak-bapak yang nekat masuk ke gang sebelah, yang juga ditutup karena alasan yang sama. Kita ikutin si bapak. Kita masuk jalan nan sepi dan gelap. Masih kita ikutin si bapak. Aku udah mikir kita kayak orang mau nge-begal si bapak, ngikutin malem-malem ke jalan sepi begini, kayak… kayak digiring ke tempat orang-orang ‘jahat’ gitu *laughs*.

Nggak lama kita balik ke jalan utama, jalan yang tadi ngga bisa kita lewatin. Papan warning yang nutupin jalan tadi agaknya masih deket banget!
Yaudah sih ya, yang penting dari sini udah tau arah lah.

Hampir nyasar lagi gegara salah belok pas nyampe jalan searah di Klaten. Untung pas itu aku ngeh-in papan petunjuk arah.

You know…
Perjalanan pulang kemarin menyiksa banget buat aku yang kurang olahraga, kurang sering keluar malem, sama kurang tidur. Angin malamnya ya ampun! Samui! Dingin buanget!

Tips: Buat kamu yang kayak aku, nanti lagi kalo piknik jauh dan niat pulang malem, pake jaket yang tuebel! Gak papa nggak kepake pas siang gegara kegerahan, yang penting malemnya nggak kedinginan! Badan bisa jadi lebih capek 2x lipat kalo kamu kedinginan! Bawa sarung tangan sama masker juga jangan lupa! Selain bisa melindungi kulit dari terik matahari di siang hari, juga bisa buat menjaga tubuh tetap hangat juga. Kemarin lupa nggak bawa masker (akunya), jadi (di)beli(in) di jalan deh. *blushed*

Oh iya. Dan jangan lupa buat tidur cukup kalo mau tamasya naek motor! Kemarin aku acap kali hampir nggledak gegara ketiduran di jalan, hahaha #malu.


Nyampe Rumah


Jam 11 lebih 2 menit(?); berarti jalan pulangnya sekitar… nggak nyampe 2 jam-an. Lumayan cepet. Yaaa~ menurutku emang perjalana pulang selalu kerasa lebih cepet sih ya. Ada yang bisa jelasin kenapa?


***

Buat mutusin pergi piknik itu nggak gampang, apalagi buat orang yang waktu dan uang-nya selalu sukses habis sebelum waktunya (kayak aku gini *coughs*).
Tapi…
Mau itu perginya ke tempat yang deket ato jauh, tetep ya…

PERSIAPAN ITU PENTING!

Siapin waktu,
Siapin dana,
Siapin diri,
Then you’re ready to get refreshed and more tired!

Daaaan~ paginya udah masuk kerja lagi aja. ˚‧º·(˚ ˃̣̣̥᷄⌓˂̣̣̥᷅ )‧º·˚





*salah satu partner in crime gue yang demen banget ‘ngiming-ngimingi’.
**biaya masuk Cinema 7D 30k/gundul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar